Posted by : Unknown 26 Jan 2014

Gerak benda bola kasti, mobil, pelari bahkan matahari dan bulan merupakan bagian dari kejadian nyata dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun menusia purba memiliki pemahaman yang baik mengenai gerak, baru pada waktu yang relative belum lama, pada abad ke-16 dan ke-17, pengertian modern mengenai gerak ditetapkan. Banyak yang berperan dalam terbentuknya pemahaman ini, tetapi, sebagaimana akan segera kita lihat,ada dua orang yang lebih menonjol daripada yang lainnya: Galileo Galilei (1564-1642) dan Issac Newton (1642-1727).
Studi mengenai gerak benda, konsep-konsep gaya dan energy berhubungan, membentuk satu bidang yang disebut mekanika. Mekanika biasanya dibagi menjadi dua bagian : kinematika, yang merupakan penjelasan mengenai bagaimana benda bergerak, dan dinamika, yang menangani masalah gaya dan menjelaskan mengapa benda bergerak sedemikian rupa.

KERANGKA ACUAN DAN PERPINDAHAN
Dalam fisika, kita sering menggambarkan sumbu koordinat, seperti ditunjukkan pada Gambar 1, untuk menyatakan kerangka acuan.



Gambar 1: Pasangan standar sumbu koordinat x,y.

Kita perlu membedakan antara jarak yang telah ditempuh sebuah benda, dan perpindahannya, yang didefinisikan sebagai perubahan posisi benda tersebut. Dengan demikian, perpindahan adalah seberapa jauh jarak benda tersebut dari titik awalnya. Perpindahan adalah besaran yang memiliki besar dan arah. Besaran seperti itu disebut vector.

Pustaka Gambar:
fisikafun6b.wordpress.com

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -