Posted by : Unknown 3 Jan 2014

Æ      RELE PENGAMAN (Protectif Relai). Suatu peralatan listrik yang didesain untuk memisahkan bagian dari system kelistrikan, atau mengoperasikan sinyal tanda bahaya dalam hal keadaan gangguan maupun pada kondisi abnormal.
Æ      RELE BANTU (Auxiliary Relay). Yaitu rele yang tanggap bekerja membuka atau menutup rangkaian kerjanya untuk membantu rele lainnya dalam menjalankan fungsi untuk kerjanya. Dapat bekerja seketika atau dengan waktu tunda dan dapat beroperasi dalam batas yang besar dari kualitas karakteristiknya.
Æ      BEBAN (Burden). Daya yang dikombinasikan oleh sirkit rele pada arus pengenal dan tegangan pengertiannya. Dinyatakan dalam volt ampere untuk abb dan watt dc.
Æ      UNIT atau ELEMEN. Suatu unit rele yang berdiri sendiri bersama dengan satu atau lebih unit rele membentuk rele yang fungsinya komplek, seperti unit pengarah dengan unit arus lebih yang memberikan rele arus lebih terarah (directional overcurrent relay).
Æ      KUANTITAS KARAKTERISTIK. Relai yang didesain tanggap terhadap suatu besaran seperti tanggap terhadap besaran arus untuk rele arus lebih, tanggap terhadap impedansi untuk rele impedansi, sudut fase untuk rele terarah, dsb nya.
Æ      SETELAN (Setting). Nilai sebenarnya daya diberikan atau besaran karakteristik untuk mana rele didesain bekerja pada kondisi tertentu.
Æ      KARAKTERISTIK SUDUT (Characteristic Angle). Sudut fase pada mana perilaku rele dinyatakan. Biasanya sudut tersebut menyatakan pada mana terjadi kepekaan maksimum.
Æ      TERTAHAN (Blocking). Menengah rele pengaman trip baik disebabkan oleh karakteristiknya sendiri maupun adanya rele tambahan.
Æ      PICKUP. Rele dikatakan pickup bila ia berubah dari posisi belum terhubung pada sumber daya ke posisi terhubung dengan sumber daya (dengan menutup kontak-kontaknya).
Æ      DROPOUT OR RESET. Suatu rele dikatakn drop out bila berubah dari posisi terhubung dengan sumber ke posisi tidak terhubung dengan sumber.
Æ      WAKTU OPERASI (Operating Time). Lamanya waktu yang berlangsung saat mulai digunakan besaran dari karakteristik yang seharga dengan nilai pickup dan sampai saat rele mengoperasikan kontak-kontaknya.
Æ      WAKTU PENYETELAN (Resetting Time). Yaitu waktu operasi yang diperlukan rele untuk kembali ke posisi semula sebagai hasil perubahan tiba-tiba dari besaran dari karakteristik, waktu mulai dihitung dari saat dimana perubahan terjadi.
Æ      KARAKTERISTIK (rele pada keadaan mantap). Tempat kedudukan pickup atau setelan bila digambarkan dalam bentuk grafik. Pada beberapa rele dua kurva saling serupa dna menjadi tempat kedudukan keseimbangan kopel atau kopel nol.
Æ      REINFORCING RELAY. Rele yang diberikan energy melalui kontak-kontak rele utama dan kontak-kontak tersebut. Sehingga tidak ada arus beban yang mengalir. Kontak-kontak seal in biasanya kemampuan arus pengenalnya besar dari pada rele utamanya.
Æ      SEAL IN RELAY. Serupa dengan reinforcing relay yang telah dijelaskan diatas, kecuali tetap terhubung sampai sirkit kumparannya diputus oleh sakelar pada PMT-nya.
Æ      RELE-RELE PRIMER (Primary Relay). Rele-rele yang dihubungkan langsung pada sirkit yang dilindungi.
Æ      RELE-RELE SEKUNDER (Secondary Relay). Rele yang dihubungkan pada sirkit yang dilindungi melalui trafo arus dan trafo tegangan.
Æ      RELE CADANGAN (Backup Relay). Rele yang biasanya bekerja dengan sedikit waktu tertunda, bila rele normalnya tidak bekerja untuk mentrip sirkit kumparan kerja PMT-nya.
Æ      KONSISTENSI (Consistency). Ketelitian relay dalam mengulang kembali karakteristik listrik dan karakteristik waktunya.
Æ      FLAG OR TARGET. Suatu peralatan yang dipakai untuk menunjukkan bekerjanya suatu rele, biasanya berupa per atau kerjanya berdasarkan grafitasy.
Æ      JANGKAUAN (Reach). Suatu rele jarak bekerja bila impedansi yang dilihat oleh rele nilainya melebihi suatu nilai tertentu. Impedansi ini atau sebanding dengan jaraknya dikenal sebagai jangkauan rele.
Æ      DILUAR JANGKAUAN ATAU DIBAWAH JANGKAUAN (Overreach or Underreach). Kesalahan dalam pengukuran rele yang dihasilkan oleh kesalahan operasi atau kegagalan beroperasinya rele.
Æ      RELE SEKETIKA (Instantaneous Relay). Rele yang operasi dan resetnya tanpa waktu tunda.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -