Posted by : Unknown 21 Okt 2013


Perhatikan untai kapasitor pada gambar diatas, dalam keadaan saklar S terbuka, maka kapasitor C tak bermuatan. Setelah S situtup, terjadilah perpindahan muatan +dq dari pelat kapasitor bagian bawah, oleh usaha dW di C pada beda potensial Vc.

Perpindahan dq berlangsung terus-menerus sampai dengan tegangan di kapasitor (Vc)  sama dengan V, dan saat itu pelat atas bermuatan +Q, sehingga usaha keseluruhan untuk memindahkan Q adalah:


Usaha itu disimpan di kapasitor sebagai tenaga potensial listrik (U), sehingga:

U = Q^2 / 2C

Mengingat kaitan Q = CV, maka U = ½ CV^2 = ½ QV. Pada untai itu, baterai memberikan muatan keseluruhan Q pada beda potensial V yang tetap, sehingga usaha keseluruhan oleh baterai adalah:

W = QV

Persamaan tersebut memperlihatkan bahwa W = 2U (2 kali tenaga tersimpan di dalam C). Hal itu disebabkan W tidak hanya memindahkan Q tetapi juga menghasilkan kalo, sehingga terdapat sebagian usaha hilang di untai yang besarnya ½ QV.



Pustaka : Bambang Murdaka Eka Jati, Tri Kuntoro Priyambodo. 2010. FISIKA DASAR : Listrik-Magnet, Optika, Fisika Modern untuk Mahasiswa Ilmu-Ilmu Eksakta & Teknik. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -