Posted by : Unknown 31 Okt 2013

System digital telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari manusia. Hampir semua peralatan elektronika yang kita gunakan menggunakan system digital. Contohnya: jam digital, thermometer digital, timbangan digital, computer, handphone, kamera digital, juga PDA. Masih banyak lagi produk digital lain. Mengapa digital? Kelebihan digital disbanding analog adalah:
1.    Lebih muddah dirancang,
2.    Lebih tahan terhadap noise,
3.    Lebih presisi,
4.    Dapat deprogram dan data dapat disimpan dengan mudah.
Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Informatika pasti memahami bahwa digital itu mengenal logika 1 dan 0. Pertanyaannya:
1.    Bagaimana logika 1 dan 0 ini bekerja membangun sebuah system yang kompleks?
2.    Apa maksud teknologi prosesor 64 bit?
3.    Apa maksud RAM 64 Mbyte, 128 Mbyte dan ukuran RAM lainnya?
4.    Apa maksud kapasitas harddisk 20 Gbyte, 40 Gbyte?
Tidak usah pusing memikirkan sulitnya mempelajari system digital karena system digital hanya mengenal 1 dan 0. Gampang kan? RAM 64 byte memang kompleks, tetapi yang kompleks itu dapat dijelaskan secara 1 dan 0.

SINYAL DIGITAL
Cara paling mudah untuk memahami sinyal digital adalah dengan mengingat gambar gelombang kotak seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Gambar 1. Gelombang Kotak

Dalam elektronika, logika 1 merupakan tegangan +5 volt sedangkan 0 adalah 0 Volt. Dalam aplikasinya, logika 1 tidak harus tepat +5 Volt dan logika 0 tidak harus tepat + Volt.
Tentu mudah untuk membangun sebuah power supply +5 Volt dengan menggunakan IC Regulator 7805. Berikut ini adalah gambar rangkaian power supply DC +5 Volt yang dapat Anda gunakan untuk beberapa simulasi menggunakan hardware.
Gambar 2. Power Supply +5 Volt

Satu buah gelombang kotak merupakan sebuah pulsa (clock), yaitu ketika terjadi transisi dari LOW-HIGH atau HIGH-LOW. Dalam elektronika, clock banyak digunakan untuk memicu suatu rangkaian agar mulai bekerja. Beberapa rangkaian hanya mengutamakan kapan terjadinya logika HIGH dan LOW tanpa dipengaruhi lebar pulsa. Contoh rangkaiannya adalah rangkaian untuk menghidupkan dan mematikan lampu dengan sebuah pulsa.
Namun beberapa rangkaian lain lebih mengutamakan lebar pulsa, misalnya rangkaian untuk mengendalikan motor servo dengan menggunakan metode PWM (Pulse Width Modulation).
Selain itu perlu juga diketahui bahwa ada 2 karakteristik yang berbeda pada beberapa rangkaian yang dipicu oleh clock. Ada rangkaian yang dipicu oleh sisi naik (LOW ke HIGH) dan ada rangkaian yang dipicu sisi turun (HIGH ke LOW).
Tahukah Anda bahwa salah satu pin mouse, keyboard dan USB flasdisk adalah pin untuk clock. Semakin tinggi frekuensi suatu clock maka device tersebut akan bekerja semakin cepat.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -