Posted by : Unknown 7 Sep 2013

Secara umum otomasi dapat dibedakan dalam 4 kategori, yaitu :


Otomasi tetap: mesin otomatis dibuat hanya untuk satu keperluan produksi saja, tidak dapat digunakan untuk produk lain. Sesuai untuk produksi massal dengan kecepatan tinggi. Investasi yang dikeluarkan pertama kali biasanya tinggi, namun biaya operasionalnya relatif rendah.

Otomasi semi tetap: mesin dibuat untuk memproduksi atau menangani satu macam produk atau tugas, namun dalam beberapa parameter (ukuran, bentuk, bagian produk) dapat diatur secara terbatas. Investasi awal termasuk dalam kategori ini.

Otomasi fleksibel: perangkat mesin yang dibuat dapat digunakan untuk berbagai produk, sistem otomasi lebih bersifat menyeluruh, bagian-bagian produk dapat diproduksi pada waktu yang bersamaan dalam sistem otomasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini misalnya FMS (Flexible Automation System) dan CIM (Computer Integrated Manufacturing). Robot adalah salah satu pendukung dalan kelompok otomasi ini.


Dalam foto di atas sebuah robot tangan yang masuk kategori CIM. Program dapat dengan mudah di buat dan diubah melalui komputer ataupun laptop dengan software tertentu. Foto ini eksklusif saya ambil di JCC Senayan Jakarta saat Indonesia menjadi tuan rumah pada event akbar ASC (ASEAN Skill Competition) 2012.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -