Posted by : Unknown 23 Sep 2013


Adaptor merupakan salah satu peralatan elektronika yang sangat kita butuhkan dalam rangkaian TV, radio, HP, dan lain-lain. Adaptor adalah sebuah piranti yang dapat megubah tegangan listrik sumber menjadi tegangan listrik yang dibutuhkan oleh suatu piranti. Adaptor bermanfaat untuk mengubah arus listrik AC tegangan tinggi (220 V) menjadi arus listrik DC tegangan rendah (biasanya kurang dari atau sama dengan 24 volt), pada radio, computer, charger baterai (handphone, laptop, dan sebagainya). Skema blok system adaptor digambarkan sebagai berikut:



Gambar 1 Fungsi adaptor: mengubah level tegangan dan arus

Adaptor menerima input berupa tegangan AC 220 volt, kemudian mengeluarkan output 12 volt DC. Mula-mula tegangan AC sebesar 220 V diturunkan menjadi 13-15 V AC, kemudian diserahkan menjadi bentuk sinus. Oleh karena itu, untuk memperoleh gelombang yang rata, maka digunakan rangkaian perata tegangan. Supaya lebih jelas, perhatikanlah skema blok berikut ini:
 

Gambar 2 Skema pengubahan tegangan dalam adaptor

Masing-masing blok memiliki fungsi spesifik seperti yang telah dijelaskan. Dalam realisasinya, sebagai penurun tegangan dipakai transformator, penyearah arus oleh rangkaian diode, dan perata tegangan berupa kapasitor dan inductor (Gambar 3). Semakin besar nilai kapasitor, umumnya perataan semakin baik.

Skema Rangkaian Adaptor


Penjelasan tersebut menggambarkan bagaimana kita merealisasikan suatu peranti sederhana yang memiliki fungsi tertentu. Langkah-langkah tersebut antara lain:
1.      Mendefinisikan fungsi system.
2.      Menggambarkan system sebagai blok yang memiliki input dan output spesifik.
3.      Membuat detail system tersebut dalam beberapa subsistem yang masing-masing memiliki fungsi spesifik.
4.      Merealisasikan subsistem tersebut dengan suatu device yang dapat kita gunakan.


Widodo, Sigit, Elektronika Digital dan Mikroprosesor, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2008.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -