Posted by : Unknown 1 Nov 2013

A.   Pengertian Bangsa
1.    Bangsa adalah rakyat, penduduk, warga Negara, masyarakat, dan bengsa, rakyat, dan Negara merupakan istilah politik, warga Negara merupakan istilah hokum, penduduk merupakan istilah demografi, sedangkan masyarakat merupakan istilah sosiologi.
2.    Bangsa adalah rakyat yang sudah berkesadaran membentuk Negara. Apa ciri-ciri suatu bangsa…?
a.    Ernest Renant: Bangsa adalah sekelompok manusia yang disatukan karena memiliki persamaan sejarah masa lampau dan kesamaan cita-cita untuk masa yang akan dating.
b.    Otto Baur: Bangsa adalah manusia yang memiliki factor kesamaan karakter.
c.    Hand Kohn: Bangsa adalah manusia yang memiliki kesamaan objektif tertentu yang membedakan dengan bangsa lain. Factor-faktor itu antara lain: persamaan keturunan, wilayah, bangsa, adat istiadat, politik, perasaan senasib, dan agama. Apa yang dikemukakan oleh Hand Kohn, tidak semua tepat. Contoh, bangsa Swis merupakan bangsa yang memiliki 3 bahasa yang berbeda. India mempunyai 16 bahasa resmi. Amerika Serikat terdiri dari berbagai bangsa dan Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, adat istiadat, dan ras.
d.    Kesimpulan, bangsa adlah sekelompok manusia yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, karakter, dan cita-cita untuk masa yang akan dating.

B.   Pengertian Negara
1.    Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan pemerintahan melaksanakan tata tertib atas suatu umat di suatu daerah tertentu (GS Diponolo,1973 : 24).
2.    Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang meliputi unsure-unsur rakyat, wilayah, pemerintah, serta kedaulatan (Moerdiono, 1992:405).
3.    Negara adalah suatu badan atau organisasi hasil daripada perjanjian masyarakat (John Loke, 1632-1704 dan Rousseau, 1712-1778).
4.    Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam satu wilayah (Max Weber dalam buku Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani, 2000).

Daftar Pustaka
Dr. Ir. Yon Girie Mulyono, M.Si. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -