Posted by : Unknown 11 Jul 2013



1.              Jelaskan apa yang dimaksud dengan Wirausahawan itu?
kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk melihat atau menciptakan peluang agar peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

2.              Sebut dan jelaskan apa saja karakter seorang wirausahawan itu?
Visioner. Seorang wirausahawan hendaknya selalu berfikir tentang masa depan. Ia  seharusnya mengetahui dengan baik apa yang menjadi keinginan dan tujuan dalam hidupnya. Dengan demikian maka ia akan menggambarkan dengan baik setiap keinginannya yang ingin dicapainya. Oleh sebab itu, seorang wirausahawan yang visioner juga akan mengetahui dengan baik langkah-langkah apa yang hendaknya ia lakukan untuk mencapai tujuan dan menggapai keinginan tersebut.

Action oriented. Merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausawan adalah pemikirannya selalu berorientasi pada tindakan. Impian dan tujuan yang telah dibangun  dengan sangat baik akan menjadi sia-sia manakala seorang wirausahawan tidak melakukan tindakan apapun. Tanpa tindakan nyata dalam mewujudkan impiannya, maka seorang wirausahawan hanya akan menjadi manusia NATO (no action talk only) yang hanya akan menghasilkan gosip-gosip murahan. Juga hanya akan menjadi manusia NACO (no action concept only) yang hanya akan menghasilkan konsep dan teori belaka, atau mungkin juga NADO (no action dream only) yang hanya akan menghasilkan impian tanpa kenyataan. Seorang wirausahawan yang selalu berorientasi pada tindakan akan terhindar dari ketiga hal tersebut dan akan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan baik.

Optimism. Sifat optimis dan penuh keyakinan bahwa usaha yang dijalankan akan berhasil dengan baik harus selalu tertanam pada diri seorang wirausahawan. Dengan demikian maka orang tersebut akan memiliki rasa percaya diri yang luar biasa. Rasa percaya diri tersebut pada akhirnya akan menyebabkan seseorang tidak takut dengan resiko yang ada selama menjalankan usahanya. Adanya sifat optimis dan penuh keyakinan juga akan membuat seseorang selalu bersemangat menjalankan usahanya, hingga pada suatu saat nanti wirausahawan tersebut akan mampu menjadi pengusaha yang sukses di masa yang akan datang.

Creative thinking. Disadari atau tidak, sebenarnya setiap manusia sudah dibekali modal yang luar biasa untuk berfikir yaitu otak. Dengan otak tersebut, maka setiap orang dapat berfikir, bertindak dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Hal ini disebabkan dengan otak yang sehat, seseorang dapat berfikir lebih kreatif sehingga akan memunculkan berbagai gagasan dalam menjalankan usaha yang inovatif. Oleh sebab itu sebenarnya setiap wirausahawan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berhasil dalam menjalankan usahanya. Hanya saja terkadang diantara mereka ada yang mau menggunakan otaknya untuk berfikir kreatif dan ada juga yang tidak.

Good Manner. Seorang wirausahawan sudah seharusnya memiliki tata nilai yang baik dalam kehidupannya seperti kejujuran, tanggung jawab, rendah hati dan lain sebagainya. Dengan demikian maka ia akan lebih disenangi saat berada di tengah-tengah masyarakat. Hal ini akan berakibat pada kelancaran dan kelangsungan usaha yang dijalankannya karena setiap usaha yang dijalankan oleh seseorang membutuhkaan jaringan yang luas mulai supplyer hingga pelanggan sekalipun.

Leadership skill. Guna membesarkan usaha yang telah dirintis, maka dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang baik dari para pemilik usaha tersebut. Jiwa kepemimpinan yang baik tersebut akan membuat usaha seseorang menjadi besar karena banyak orang yang ingin  bekerja padanya. Sebuah usaha yang dibangun tanpa kepemimpinan yang kuat akan menjadi salah satu penyebab usaha tersebut tetap akan menjadi usaha yang tidak berkembang (stagnan). Seseorang hanya akan mampu memimpin sebagian kecil dari jumlah karyawan yang seharusnya semakin hari semakin banyak. Biasanya karyawan juga semakin hari tidak akan betah untuk bekerja padanya karena ia tidak memiliki konsep yang jelas tentang masa depan usahanya. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kepemimpinan yang baik. Ia biasanya akan memiliki pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan konsep yang lebih luas. Dengan demikian maka banyak orang akan tertarik untuk bergabung dengannya membesarkan usahanya tersebut.

Courageous to Change. Adanya keinginan untuk melakukan perubahan juga menjadi modal yang sangat penting bagi seorang wirausahawan. Oleh sebab itu sebagai seorang wirausahawan, seharusnya seseorang juga memiliki karakter selalu berfikir perubahan. Dengan demikian maka ia akan selalu memiliki konsep dan visi yang nyata kedepannya serta arah tujuan yang jelas. Hal inilah yang akhirnya akan membuat usaha seseorang menjadi besar.
Supply chain.  Karakter lain yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah memiliki banyak mata rantai (supply chain). Untuk itu diperlukan pergaulan yang luas bagi seorang wirausahawan. Dengan memiliki banyak relasi maka seseorang akan semakin mudah menjalankan usahanya. Relasi yang banyak tersebut dapat dimanfaatkan oleh para wirausaha untuk membesarkan usahanya. Berbagai kesulitan akan dengan mudah diselesaikan manakala kesulitas tersebut bisa didiskusikan dengan banyak orang, karena akan banyak masukan, saran dan juga kritikan yang datang padanya. Pada akhirnya seorang wirausahawan akan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan baik yang datang dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Technological development oriented. Sangat mustahil jika usaha yang dijalankan oleh seseorang akan berkembang dengan pesat tanpa melibatkan teknologi dalam usahanya. Pelibatan teknologi dalam setiap usaha menjadi suatu keharusan. Oleh sebab itu maka para pelaku usaha juga sudah sewajarnya memiliki karakter selalu berorientasi dengan perkembangan teknologi. Hal ini akan menyebabkan para pelaku usaha bersedia untuk memasukkan teknologi dalam menjalankan usahanya sehingga usahanya akan jauh menjadi lebih efektif dan efisien, yang pada akhirnya dalam jangka waktu yang panjang akan meningkatkan keuntungan usaha mereka.

Modern management understanding. Karakter penting lainnya yang juga harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah modern management oriented yang berarti bahwa setiap pelaku usaha yang berorientasi pada pelaksanaan manajemen usaha yang moderen. Adanya orientasi pada planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (tindakan) dan controlling (evaluasi) dalam menjalankan usahanya akan menjadi salah satu penyebab keberhasilan menjalankan usaha. Dengan berorientasi pada manajemen yang moderen, maka seorang wirausahawan akan mampu menrencanakan setiap langkah yang akan diambil, mengorganisasikan siapa dan apa tugas masing-masing karyawan, untuk selanjutnya melakukan atas apa yang telah direncanakan dan pada akhirnya sampai pada tahap evaluasi atas apa yang telah dilakukan. Mereka akan membandingkan hasil yang dicapai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Selanjutnya mereka akan mampu membuat perencanaan lanjutan atas pencapaian hasil tersebut terlepas apakah pencapaian itu sesuai dengan harapan sebelumnya ataupun tidak.

3.              Menurut Anda, apa sajakah dampak atau peran positif dari keberadaan seorang wirausahawan didalam suatu lingkungan masyarakat?
·         Memperbaharui dengan “merusak secara kreatif”.
·     Dengan keberaniannya melihat dan mengubah apa yang sudah dianggap mapan, rutin,  dan memuaskan.
·         Inovator
·         Menghadirkan hal yang baru di masyarakat.
·         Mengambil dan memperhitungkan resiko
·         Mencari peluang dan memanfaatkannya
·         Menciptakan organisasi baru

4.              Jelaskan apa yang dimaksud dengan ide usaha?
Gagasan Usaha merupakan suatu ide untuk mewujudkan suatu pemikiran yang baru dan diterapkan dengan suatu tindakan” Mencari gagasan usaha berarti berusaha untuk menemukan suatu ide yang nantinya ide tersebut dapat menjadi suatu langkah awal dalam menentukan bisnis apa yang akan dibangun.
5.              Sebut dan jelaskan sumber – sumber untuk memperoleh ide – ide usaha?
1. “Latah”

Belakangan ini, masyarakat Indonesia mudah “tertular” dengan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Begitu juga dalam mencari ide berbisnis. Sering terjadi  ketika ada sebuah usaha yang sukses, maka calon pengusaha lainnya akan dengan mudah mendapatkan ide usahanya sendiri. Pertimbangan ini muncul karena kesuksesan yang diraih pendahulunya sudah terbukti benar.

2. Terpikir secara tiba-tiba

Ide memang bisa didapat dari mana saja, salah satunya adalah ketika ide itu muncul kapanpun dan dimanapun dengan sendirinya. Ide ini biasanya muncul karena kepekaan yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu cobalah untuk mengasah kemampuan kamu dalam melihat keadaan sekitar. Perhatikan kebutuhan dan permintaan pasar, target pasar dan sebagainya.

3. Cita-cita yang tertunda

Semua orang memiliki cita-cita dalam hidupnya. Sebuah cita-cita bisa menjadi sebuah ide untuk memulai usaha jika dilihat dari segi bisnis. Cobalah untuk melihat peluang bisnis dari cita-cita yang dimiliki sehingga ide yang dimiliki memang perwujudan dari cita-cita yang dulu belum terpenuhi. Contohnya, Anda bercita-cita memiliki sebuah usaha franchise makanan terkenal, maka Anda bisa memulai terlebih dahulu dengan membuat sebuah ide usaha penjualan makanan yang sedang digemari oleh banyak masyarakat atau sebuah outlet makanan yang menjual makanan enak dengan harga murah.

4. Terpaksa oleh tekanan

Ketika berada dalam tekanan biasanya ide dengan mudah muncul ke permukaan. Sama halnya dengan mencari ide untuk berbisnis. Orang akan termotivasi untuk mencari solusi dari tekanan yang dialaminya dan hasilnya adalah berupa ide yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha.

5. Mencoba tampil beda

Ide usaha juga bisa muncul ketika kamu memiliki pemikiran untuk membuat usaha yang beda dari usaha yang sudah ada. Ide untuk tampil dengan usaha yang berbeda biasanya timbul karena faktor kebutuhan. Dengan produk yang didesain untuk tampil beda biasanya akan lebih mudah menarik perhatian konsumen. Agar lebih baik, pertimbangkan kesesuaian ide dengan kebutuhan para konsumen.

6. Hobi

Kenapa tidak menggunakan hobi sebagai ide awal untuk memulai sebuah usaha? Sekarang ini sudah marak usaha-usaha yang sukses dan lahir dari hobi para pelakunya. Gunakan hobi Anda untuk memulai usaha berbisnis. Salah satu contoh misalnya, Anda gemar dalam membaca dan menulis buku, maka Anda bisa membuka usaha self publishing books dengan sistem Print On Demand (PoD) berbasis online atau bisa juga dengan memulai usaha penyewaan buku-buku koleksi Anda.

6.              Sebut dan jelaskan aspek – aspek apa sajakah yang perlu diperhatikan dan diukur agar sebuah ide usaha bisa menjadi peluang usaha?
a.   Aspek Financial
Untuk modal saya akan mengajukannya kepada Universitas Brawijaya Kediri dengan persyratan-persyaratan yang telah ditentukan.
b.   Aspek SDM
Saya akan bekerja sama dengan para tukang di kediri. Tentunya tukang yang mempunyai hobbi catur.
c.    Aspek Pemasaran
Berikut strateginya :
1.   Menyebarkan 10 Super double Chess ke 10 tempat nongkrong teramai di kediri secara gratis dengan memberikan aturan dalam permainan.
2.   Mempromosikan permainan baru ini di beberapa media online.
d.   Aspek Sosial
Super double Chess dapat memberikan masyarakat inovasi baru dalam berfikir keras dengan strategi yang akan dia jalankan.
7.              Apakah yang dimaksud dengan Pasar?
Dalam pengertian sederhana, pengertian pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Sedangkan arti pasar adalah suatu tempat dimana pada hari tertentu para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk jual-beli barang. Adapun definsi pasar adalah sebagai mekanisme (bukan hanya sekedar tempat) yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Mekanisme tersebut jangan hanya dimengerti sebagai cara pembeli dan penjual bertemu dan kemudian berpisah, tetapi lebih dari itu harus dimaknai sebagai tatanan atas berbagai bagian, yaitu para pelaku seperti pembeli dan penjual, komoditas yang diperjualdiperjualbelikan, aturan main yang tertulis maupun tidak tertulis yang disepakati oleh para pelakunya, serta regulasi pemerintah yang saling terkait, berinteraksi, dan secara serentak bergerak bagaikan suatu mesin.

8.              Apakah yang dimaksud dengan Penelitian Pasar (Market Research)?
Marketing Research adalah Riset yang dijalankan oleh perusahaan untuk mendapat data-data informasi secara sistematis, pencatatan dan analisis guna perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi-operasinya dalam bidang pemasaran.

9.              Sebut dan jelaskan aspek – aspek apa saja yang harus di uraikan dalam Perencanaan Pemasaran sebuah Proposal Bisnis?
-                    Kemana produk akan dijual ?

-                    Apakah pasar cukup luas untuk dapat menampung produksi baru tanpa mempengaruhi harga ?

-                    Jika harga menunjukkan indikasi akan terpengaruh, lalu berapa besarnya?

-                    Apakah proyek masih dapat terus berjalan pada tingkat harga yang baru?

-                    Berapa besar porsi (share) keseluruhan pasar yang akan dikuasai proyek?

-                    Apakah tersedia fasilitas-fasilitas yang cocok untuk menangani produk baru tersebut ?

-                    Mungkin  harus  dimasukkan  juga  persyaratan  untuk  pengolahan  dalam  proyek,  atau diperlukan suatu proyek pemasaran yang terpisah dari proyek pengolahan atau distribusi

-                    (Austin, 1981).

-                    Apakah  produk yang  dihasilkan  proyek  dimaksudkan  untuk konsumsi domestik  atau ekspor ?

-                    Apakah proyek menghasilkan kualifikasi atau kualitas yang diminta oleh pasar?

-                    Rencana  finansial  apa  yang  diperlukan  untuk  memasarkan  output,  dan  persyaratan khusus yang bagaimana yang diperlukan dalam proyek untuk membiaya pemasaran?

10.       Sebut dan jelaskan aspek – aspek apa saja yang harus di uraikan dalam Perencanaan Produksi/Operasional sebuah Proposal Bisnis?
Bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:
1.    Jenis barang yang diproduksi
2.    Kualitas barang
3.    Jumlah barang
4.    Bahan baku
5.    Pengendalian produksi

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -