Posted by : Unknown
22 Mar 2016
3.7.1.
PN
914F569
GCU ini di buat oleh Hamilton Sundstrand, sebuah perusahaan
penyuplai komponen industri penerbangan yang bermarkas di Amerika Serikat. GCU
jenis ini diaplikasikan pada pesawat Fokker 28, pesawat asal Belanda yang ada
sekitar tahun 70an atau 80an dan saat ini pabrik pesawat Fokker 28 tersebut
sudah tidak beroperasi lagi.
Spesifikasinya dapat dilihat pada Tabel 3.4 yang di kutip
dari CMM Elektrical Workshop No. 40.
Tabel
3.4 Spesifikasi GCU PN 914F569
Part
Number (Mfr.)
|
914F569-4,
-5, -6
|
Type
Number (Mfr.)
|
AVZ51C,
D, E
|
Sistem:
|
|
Tegangan
|
115/200
|
Fasa
|
3
|
Frekuensi (hz)
|
380/420
|
Size:
|
|
Overall Length (inches – max.)
|
8.81
|
Overall Height (inches – max.)
|
5.56
|
Overall Widht (inches – max.)
|
6.44
|
Berat (pounds – max.)
|
6.3
|
GCU ini memiliki 4 fungsi kontrol (Generator Control Relay, Power Ready Relay, Bus Fault Relay, dan Lock Out Relay) dan lima fingsi
proteksi (Overvoltage, Undervoltage,
Under Frequency, Over Current, dan
Differential Protection) yang terkandung dalam GCU. Selain itu, GCU ini
mengandung self-test capabilities dan memberikan daya
untuk pengoperasian kumparan yang terkandung dalam GCU.
3.7.2.
PN
976J862-14/-16
Tabel
3.5 Keterangan Umum GCU PN 976J862-14/-16
Part
Number (Mfr.)
|
976J862-14,
-16
|
Type
Number (Mfr.)
|
AVZ33N,
Q
|
Sistem:
|
|
Tegangan
|
120/208
V
|
Phase
|
3
phase
|
Frekuensi
|
375/425
Hz
|
Size:
|
|
Tinggi
|
7.620
in. (193.6 mm) max
|
Panjang
|
14.360
in. (364.7 mm) max
|
Berat
|
10.25
lb. (4.65 kg) max
|
Gambar
3.11 Model GCU PN 976J862
GCU ini juga diproduksi oleh Hamilton Sundstrand, yang di
aplikasikan pada pesawat buatan amerika sendiri yaitu Boeing DC-10. Pesawat
tersebut saat ini sudah tidak ada di Indonesia. Terakhir digunakan di Indonesia
sekitaran tahun 2000.
3.7.3.
PN
976J862-15/-17
Tabel
3.6 Keterangan Umum GCU PN 976J862-15/-17
Part
Number (Mfr.)
|
976J862-15,
-17
|
Type
Number (Mfr.)
|
AVZ33P,
R
|
Sistem:
|
|
Tegangan
|
120/208
V
|
Phase
|
3
phase
|
Frekuensi
|
375/425
Hz
|
Size:
|
|
Tinggi
|
7.620
in. (193.6 mm) max
|
Panjang
|
14.360
in. (364.7 mm) max
|
Berat
|
10.25
lb. (4.65 kg) max
|
GCU
jenis ini identik dengan GCU PN 976J862-14/16 dan digunakan pada jenis pesawat
yang sama pula. Tetapi setiap berbeda desk pasti ada perbedaan yang signifikan
pula. Perbedaannya adalah :
Tabel
3.7 Perbedaan GCU PN 976J862-14/-16 dan
-15/-17
|
-14/-16
|
-15/-17
|
Pada
saat test equipment required GCU mampu bekerja pada frekuensi:
|
400-538 Hz
|
400-628 Hz
|
Frekuensi
kerja Pin J1A8, J1A30, J1A55 & J1A56
|
60 Hz
|
60/50 Hz
|
Frekuensi
kerja Pin 3A, 4A, & 5A
|
533 Hz
|
528-538 Hz
|
R522
pada rangkaian Power Ready
|
1k ohm
|
100 k ohm
|
R706
pada rangkaian Automatic Parallel
|
10k ohm
|
7,32k ohm
Tambahan:
- R34
& R35
- OV
Time Delay Bias
|
3.7.4. PN 21B73 SERIES
GCU jenis ini berbeda dari yang sebelumnya, karena GCU ini
diproduksi oleh Honeywell ASCa Inc, yaitu perusahaan industri penerbangan asal
Canada yang menjadi pesaing terbesar Hamilton Sundstrand. GCU jenis ini
diaplikasikan pada pesawat Boeing 747.
Tabel 3.8 Keterangan
Umum GCU PN 21B73
Dimensi
|
3.625
in. X 7.594 in. x 14.563 in. Max
(9.208
cm x 19.289 cm x 36.990 cm (max))
|
Berat
|
8.7
lb. (3.9 kg) max
|
Gambar
3.12 Model GCU PN 21B73
3.7.5. PN 915F212 SERIES
GCU ini juga di produksi oleh Hamilton Sundstrand yang
diaplikasikan pada pesawat Boeing 737 Classic. GCU ini juga memiliki beberapa
revisi yang ditandai dengan seri part number di ekornya, yaitu seri 915F212-4,
-5, -6 ,-7, dan -8. GCU ini adalah model lama yang sudah jarang digunakan pada
pesawat, model barunya adalah PN 948F458 yang akan dijelaskan pada bab
pembahasan.
Tabel
3.9 Keterangan Umum GCU PN 915F212
Sistem:
|
|
Tegangan
|
115/200
V
|
Fasa
|
3
phase
|
Frekuensi
|
400
Hz 28 Vdc
|
Size:
|
|
Panjang Maksimum (tanpa handle)
|
12.56
in. (319.0 mm)
|
Tinggi Maksimum
|
7.62
in. (193.5 mm)
|
Lebar Maksimum
|
3.00
in. (76.2 mm)
|
Berat Maksimum 915F212-4, -6
|
8.0
lb (3.63 kg)
|
Berat Maksimum 915F212-5, -7
|
7.75
lb (3.5 kg)
|
Gambar 3.13 GCU PN
915F212-4
3.7.6. PN 948F458
GCU ini adalah model terbaru dari GCU PN 915F212, karena
pada umumnya part-part pada model PN 915F212 adalah part-part lama dan
diperbarui pada jenis GCU ini. Jenis GCU ini akan saya bahas pada postingan berikutnya.
Related Posts :
- Back to Home »
- Aircraft , Arus Kuat , Elektro »
- Macam-macam Generator Control Unit
Diberdayakan oleh Blogger.
Posting Komentar