Posted by : Unknown 22 Mar 2016


3.7.1.        PN 914F569
GCU ini di buat oleh Hamilton Sundstrand, sebuah perusahaan penyuplai komponen industri penerbangan yang bermarkas di Amerika Serikat. GCU jenis ini diaplikasikan pada pesawat Fokker 28, pesawat asal Belanda yang ada sekitar tahun 70an atau 80an dan saat ini pabrik pesawat Fokker 28 tersebut sudah tidak beroperasi lagi.
Spesifikasinya dapat dilihat pada Tabel 3.4 yang di kutip dari CMM Elektrical Workshop No. 40.

Tabel 3.4 Spesifikasi GCU PN 914F569
Part Number (Mfr.)
914F569-4, -5, -6
Type Number (Mfr.)
AVZ51C, D, E
Sistem:

Tegangan
115/200
Fasa
3
Frekuensi (hz)
380/420
Size:

Overall Length (inches – max.)
8.81
Overall Height (inches – max.)
5.56
Overall Widht (inches – max.)
6.44
Berat (pounds – max.)
6.3
GCU ini memiliki 4 fungsi kontrol (Generator Control Relay, Power Ready Relay, Bus Fault Relay, dan Lock Out Relay) dan lima fingsi proteksi (Overvoltage, Undervoltage, Under Frequency, Over Current, dan Differential Protection) yang terkandung dalam GCU. Selain itu, GCU ini mengandung  self-test capabilities dan memberikan daya untuk pengoperasian kumparan yang terkandung dalam GCU.

3.7.2.        PN 976J862-14/-16
Tabel 3.5 Keterangan Umum GCU PN 976J862-14/-16
Part Number (Mfr.)
976J862-14, -16
Type Number (Mfr.)
AVZ33N, Q
Sistem:

Tegangan
120/208 V
Phase
3 phase
Frekuensi
375/425 Hz
Size:

Tinggi
7.620 in. (193.6 mm) max
Panjang
14.360 in. (364.7 mm) max
Berat
10.25 lb. (4.65 kg) max



 
Gambar 3.11 Model GCU PN 976J862
GCU ini juga diproduksi oleh Hamilton Sundstrand, yang di aplikasikan pada pesawat buatan amerika sendiri yaitu Boeing DC-10. Pesawat tersebut saat ini sudah tidak ada di Indonesia. Terakhir digunakan di Indonesia sekitaran tahun 2000.

3.7.3.        PN 976J862-15/-17
Tabel 3.6 Keterangan Umum GCU PN 976J862-15/-17
Part Number (Mfr.)
976J862-15, -17
Type Number (Mfr.)
AVZ33P, R
Sistem:

Tegangan
120/208 V
Phase
3 phase
Frekuensi
375/425 Hz
Size:

Tinggi
7.620 in. (193.6 mm) max
Panjang
14.360 in. (364.7 mm) max
Berat
10.25 lb. (4.65 kg) max
GCU jenis ini identik dengan GCU PN 976J862-14/16 dan digunakan pada jenis pesawat yang sama pula. Tetapi setiap berbeda desk pasti ada perbedaan yang signifikan pula. Perbedaannya adalah :
Tabel 3.7 Perbedaan GCU PN 976J862-14/-16 dan -15/-17

-14/-16
-15/-17
Pada saat test equipment required  GCU mampu bekerja pada frekuensi:
400-538 Hz
400-628 Hz
Frekuensi kerja Pin J1A8, J1A30, J1A55 & J1A56
60 Hz
60/50 Hz
Frekuensi kerja Pin 3A, 4A, & 5A
533 Hz
528-538 Hz
R522 pada rangkaian Power Ready
1k ohm
100 k ohm
R706 pada rangkaian Automatic Parallel
10k ohm
          7,32k ohm
Tambahan:
- R34 & R35
- OV Time Delay Bias

3.7.4.      PN 21B73 SERIES
GCU jenis ini berbeda dari yang sebelumnya, karena GCU ini diproduksi oleh Honeywell ASCa Inc, yaitu perusahaan industri penerbangan asal Canada yang menjadi pesaing terbesar Hamilton Sundstrand. GCU jenis ini diaplikasikan pada pesawat Boeing 747.
Tabel 3.8 Keterangan Umum GCU PN 21B73
Dimensi
3.625 in. X 7.594 in. x 14.563 in. Max
(9.208 cm x 19.289 cm x 36.990 cm (max))
Berat
8.7 lb. (3.9 kg) max
Gambar 3.12 Model GCU PN 21B73
3.7.5.      PN 915F212 SERIES
GCU ini juga di produksi oleh Hamilton Sundstrand yang diaplikasikan pada pesawat Boeing 737 Classic. GCU ini juga memiliki beberapa revisi yang ditandai dengan seri part number di ekornya, yaitu seri 915F212-4, -5, -6 ,-7, dan -8. GCU ini adalah model lama yang sudah jarang digunakan pada pesawat, model barunya adalah PN 948F458 yang akan dijelaskan pada bab pembahasan.
Tabel 3.9 Keterangan Umum GCU PN 915F212
Sistem:

Tegangan
115/200 V
Fasa
3 phase
Frekuensi
400 Hz 28 Vdc
Size:

Panjang Maksimum (tanpa handle)
12.56 in. (319.0 mm)
Tinggi Maksimum
7.62 in. (193.5 mm)
Lebar Maksimum
3.00 in. (76.2 mm)
Berat Maksimum 915F212-4, -6
8.0 lb (3.63 kg)
Berat Maksimum 915F212-5, -7
7.75 lb (3.5 kg)
Gambar 3.13 GCU PN 915F212-4
3.7.6.      PN 948F458
GCU ini adalah model terbaru dari GCU PN 915F212, karena pada umumnya part-part pada model PN 915F212 adalah part-part lama dan diperbarui pada jenis GCU ini. Jenis GCU ini akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

Labels

Blogger templates

Follow Me !

Pengikut

- Copyright © MEKA TRONIKA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -