Posted by : Unknown
5 Agu 2013
Eskalator
Eskalator
merupakan tangga bergerak yang digunakan untuk mengangkut penumpang
antarlantai. Unit pengarah adalah suatu motor elektrik dengan suatu sprocket untuk memandu batang utama
escalator. Unit pengarah terletak di tiang penopang bagian atas, mungkin
digabungkan dengan pengatur kecepatan. Batang utama mempunyai sprocket pada masing-masing ujung poros
sumbu untuk memandu langkah rantai. Sprocket
ketiga pada batang utama digunakan untuk memandu susuran tangga roda fiksi.
1.
Sistem Kontrol Pengendali
Motor
Tidak sama dengan pengendali motor lift, system pengendali
motor escalator selalu bergerak tanpa memperdulikan kondisi beban. Escalator mengkonsumsi
listrik terus-menerus, bahkan pada saat tanpa penumpang. Banyak energy yang
sia-sia, terutama jika jumlah penumpang berubah-ubah secara signifikan.
Misalnya pada stasiun transportasi umum. Agar energy dapat dihemat, pengendali
motor dapat disesuaikan menurut frekuensi penumpang. Hal ini dapat dicapai
secara teknis dengan menggunakan sensor atau penghalang cahaya pada pengendali
penumpang dan beberapa pengontrol seperti membalikkan frekuensi untuk melakukan
penyesuaian terhadap kecepatan motor. Sensor pada umumnya terintegrasi pada
susuran tangga masukan untuk mendeteksi pantulan dari individu dan objek. Bila
kondisi berubah-ubah, suatu penghalang cahaya harus dipasang pada area susuran
escalator. Pengaturan yang lebih sederhana adalah menggunaka system pengendali
motor dua kecepatan, yang dapat dioperasikan pada kecepatan rendah untuk
menunjukan bahwa escalator sedang beroperasi. Ketika penumpang akan naik,
kecepatan escalator diubah ke normal sebelum penumpang benar-benar naik ke
escalator. Penyesuaian kecepoatan escalator dengan frekuensi penumpang dapat
menghemat energy sampai 30%. Jika pengendali kecepatan variable tersedia,
penghematan 60% dapat dicapai.
Grafik penghematan energy
Cara lain untuk menghemat konsumsi energy pada pengendali
motor adalah dengan memasang alat penghemat energy (pengoptimasi energy) yang
dapat mengurangi operasi voltase motor pada kondisi beban ringan. Pengoptimasi
energy didasarkan pada fakta bahwa escalator dipasang dengan motor tak serempak
sebagai penggerak. Efisiensi dan factor daya motor tak serempak tergantung pada
faktor pembebanan (yaitu perbandingan dari jumlah beban mekanik motor total
terhadap rancangan beban mekanik motor total, lihat diagram di atas). Ketika
motor sedang beroperasi pada voltase yang nominal dan kondisi beban ringan,
efisiensi dapat lebih rendah 20%. Dengan menurunkan voltase operasi, kerugian
besi motor dikurangi, yang sebanding dengan akar dua dari voltase operasi. Lagi
pula, dengan meningkatkan factor daya juga akan membantu untuk mengurangi
kerugian tembaga dari motor.
Optimasi energy seperti ini dijual dalam suatu paket untuk
menggantikan starer motor escalator. Modifikasi peralatan yang ada untuk
mnyertakan optimasi energy tidaklah rumit. Alat pengukur factor pembeban
escalator membandingkan sudut fase antara arus dan voltase dan menyesuaikan
voltase pada motor sampai memiliki beda fase yang sesuai dengan yang
ditetapkan. Uji coba alat seperti itu di suatu lokasi bangunan kantor
pemerintah menunjukkan penghematan rata-rata sekitar 10% atas konsumsi energy.
2.
Gear Pengendali Motor dan
Transmisi Daya
Seperti pada lift , suatu gearbox diperlukan untuk
mengurangi kecepatan motor hingga kecepatan sprocket. Adalah umum pada escalator
untuk menggunakan irreversible worm
dan transmisi worm-gear untuk tujuan
itu. Beberapa escalator baru menggunakan gear heliks yang dapat meningkatkan efisiensi
sebesar 10% sehingga dapat mengurangi konsumsi daya dari peralatan. Langkah-langkah
escalator pada umumnya dikemudikan oleh rantai dan system sprocket. Pelumasan yang
benar pada rantai dan system sprocket dapat meningkatkan efisiensi transmisi
sebesar 85% sampai 98%, tergantung pada pemberian minyak pelumas, kondisi
beban, serta ukuran sprocket.
3.
Kualitas Daya Peralatan
Dalam sirkuit AC, electron mengalir ke arah sumber daya
untuk separuh dari siklus dan menjauh dari sumber daya untuk separuh lainnya. Suatu
alat dengan karakteristik daya ideal berkualitas tidak menyimpangkan suplai
voltase maupun mempengaruhi fase voltage-arus. Kebanyakan system pencahayaan
tidak mengurangi mutu daya suatu distribusi system sebab mereka mempunyai
bentuk gelombang arus sinusoidal yang sefase dengan bentuk gelombang voltase
(di mana arus dan voltase kedua-duanya naik turun pada waktu yang sama). Rangkaian
elektronik dengan saklar dapat menyimpangkan bentuk gelombang arus. Sebagai contoh,
pengendali VVVF dengan saklar elektronik akan membuat arus meledak yang
kemudian mengakibatkan penyimpangan voltase. Pergeseran fase seperti itu dapat
mengurangi efisiensi sirkuit AC.
Gelombang arus dan tegangan
Gambar di atas menunjukkan suatu kasus khusus untuk suatu
gelombang arus tertinggal gelombang voltase (suatu kasus khusus untuk beban
induktif). Selama bagian dari siklus arus adalah positif sedang voltase adalah negative
(atau sebaliknya), seperti ditunjukkan area arsiran, arus dan voltase bekerja
berlawanan satu sama lain, menciptakan daya reaktif. Alat bekerja hanta
sepanjang waktu yang ditunjukkan oleh bagian tak berarsir, yang mana
menunjukkan sirkuit daya aktif. Daya reaktif tidak menyimpangkan voltase. Bagaimanapun
adalah penting untuk memperhatikan kualitas daya reaktif, bahkan bila tidak
memenuhi pekerjaan yang bermanfaat. Kualitas daya yang lain adalah harmonic. Suatu
harmonic dicapai bila gelombang memliki frekuensi dengan kelipatan bulat dari
gelombang utama. Bentuk gelombang yang disimpangkan dapat ditunjukkan oleh
gelombang dasar ditambah dengan gelombang harmonic. Bentuk gelombang arus
disimpangkan. Tinggi terdiri beberapa harmonic. Bahkan komponen hermonik (urutan
kedua, keempat, dll.) cenderung untuk membatalkan masing-masing efek lain,
tetapi harmonic cenderung meningkatkan dengan cepat pada penyimpangan sebab
bentuk gelombang pada palung dan puncak sering bersamaan waktu. Pengukura harmonic
umumnya disebut dengan Total Distorsi Harmonik (THD). Alat dengan arus THD
tinggi berperan untuk voltase THD sebanding dengan persentase beban total
bangunan. Alat dengan watt tinggi dapat meningkatkan voltase THD lebih daripada
alat watt rendah. Perancang seharusnya menyertakan filter untuk memperkecil THD
ketika menetapkan system pengendali elektronik.
Factor daya adalah ukuran bagaimana secara efektif suatu
alat mengkonversi arus input dan voltase ke daya listrik yang digunakan. Ini menunjukkan
efek kombinasi arus THD dan daya reaktif dari pergeseran fase. Suatu alat
dengan factor daya kesatuan 0% arus THD dan gambaran arus disinkronkan dengan
voltase. Hambatan beban seperti lampu mempunyai factor daya kesatuan. Pengendali
motor elektronik seharusnya mempunyai filter untuk mengurangi harmonic dan
kapasitor untuk mengurangi pergeseran fase.
Kualitas daya lemah dapat merusak system distribusi dan alat
operasi pada system. Kualitas daya lemah dapat menyebabkan beban terlalu berat
yang membahayakan penghantar pengantar netral pada sirkuit tiga fase. Pada system
tanpa THD, kawat netral tidak membawa arus. Alat arus THD tinggi dapat
mengirimkan harmonik rangkap tiga ke suplai voltase, yang tidak menahan satu
sama lain. Mereka menambahkannya pada kawat netral. Jika arus melebihi rating
kawat, konduktor netral menjadi panas dan hal ini berisiko terbakar. THD pada
suplai dapat mengakibatkan motor terlalu panas dan voltase jadi menyimpang. Harmonic
orde lima menghasilkan efekk negative, menurunkan dengan cepat efisiensi motor
karena menghasilkan torsi yang berlawanan dengan siklus normalnya. Penyimpangan
voltase juga dapat memendekkan waktu hidup kegunaan trafo dan menyebabkan bank
kapasitor gagal. Daya reaktif menggunakan kapasitas pada system distribusi,
yang membatasi jumlah daya aktif alat yang dapat dikirim. Hal ini mungkin dapat
memunculkan masalah selama periode permintaan puncak.
Daftar Pustaka:
Daftar Pustaka:
Ir.
Sunarno, M.Eng., Ph.D., 2005: Mekanikal Elektrikal, edisi 1, Penerbit Andi,
Yogyakarta.
Diberdayakan oleh Blogger.
Posting Komentar